"Jika kita Gagal merencanakan artinya sama saja kita merencanakan kegagalan" ya untaian kalimat tersebut sering kita dengar dalam training motivasi ataupun para quote-quote motivasi. Apakah benar kalimat tersebut? bisa benar bisa tidak, tidak akan kami bahas dalam artikel ini.
Namun terkait dengan perencanaan bagi guru tentu sudah sangat akrab dengan perencanaan ya tentu sebab salah satu komponen dokumen guru adalah membuat perencanaan atau sering disebut dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Namun terkait dengan perencanaan bagi guru tentu sudah sangat akrab dengan perencanaan ya tentu sebab salah satu komponen dokumen guru adalah membuat perencanaan atau sering disebut dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Dari dulu istilah RPP diistilahkan berganti-ganti mulai dari jurnal sampai rencana pembelajaran tetapi pada intinya adalah bagaimana merencakanan secara tertulis suatu kegiatan pembelajaran. Sehingga setiap guru wajib membuat RPP sebelum melaksanakan pembejaran.
Namun beberapa problem muncul dari pembuatan RPP itu sendiri mulai dari ketidaksempatan guru dalam membuat RPP, atau kompleksitas RPP komponen itu sendiri. Inilah beberapa masukan yang diserap oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini Mas Mentri Nadiem Anwar Makarim yang cepat Beliau respon dengan keluarnya Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang semula berlembar-lembar menjadi satu lembar.
Berikut contoh RPP 1 Lembar adalah berikut:
RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : VI (Enam) / 2
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1 : Masyarakat peduli lingkungan
Pembelajaran : 1
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Dengan kegiatan berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga Negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
3. Dengan kegiatan membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.
4. Dengan kegiatan berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan
perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
⦁ Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
⦁ Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
⦁ Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
⦁ Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
⦁ Pada awal pembelajaran, Guru dapat memberikan gambaran tentang kegiatan-kegiatan menarik yang akan dilakukan oleh anak. Communication
⦁ Siswa membaca balon kalimat pada buku siswa.
⦁ Guru meminta siswa mengungkapkan pendapatnya dengan percaya diri. Mandiri
⦁ Guru menjelaskan pengertian tentang kepedulian terhadap lingkungan. Communication
⦁ Siswa dapat bertanya kepada guru jika ada materi yang belum dipahami.
⦁ Siswa mampu menjelaskan makna kepedulian terhadap lingkungan.
⦁ Siswa mampu menyebutkan cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.
⦁ Siswa mampu mengungkapkan pendapatnya secara lisan dengan percaya diri.
⦁ Pada kegiatan AYO, MENGAMATI: Guru mengajak siswa untuk mengamati berbagai gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”. Critical Thinking and Problem Solving
⦁ Kemudian, Guru dapat meminta siswa secara bergantian untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan warga masyarakat sesuai gambar.
⦁ Pada kegiatan AYO, BERDISKUSI: Siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”.
⦁ Kemudian, Guru meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 5 anak. Collaboration
⦁ Siswa diminta mendiskusikan tentang kewajiban sebagai warga Negara yang terdapat pada pertanyaan berikut.
⦁ Setelah selesai, tiap kelompok menyampaikan hasilnya di depan kelas secara bergantian. Communication
⦁ Guru mengrapresiasi jawaban siswa.
⦁ Kemudian, Guru mengklarifikasi materi tentang kewajiban warga negara.
⦁ Guru meminta beberapa siswa untuk membaca bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa. Siswa lain diminta untuk menyimak.
⦁ Kemudian, siswa menceritakan kembali teks materi yang telah ia baca sebelumnya.
⦁ Pada kegiatan AYO, BERLATIH: Sebelumnya siswa telah membaca bacaan yang berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”.
⦁ Kemudian, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa. Mandiri
Kegiatan Bersama Orang Tua
⦁ Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog ⦁ Dicari Guru,com
Kegiatan Penutup
⦁ Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
⦁ Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
⦁ Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
⦁ Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Mengetahui
Kepala SDN ..........................
.......................... ..............................................
Guru Kelas
..........................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar